Biologi adalah cabang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) yang
mempelajri makhluk hidup. Ubtuk mempelajari secara ilmiah seseorang harus
mengikuti metode ilmiah dalam bekerjanya. Penyelidikan secar ilmiah dapat
dilakukan di dalam laboratorium atau lapangan.
A.
Sikap Ilmiah
1. Obyektif terhadap fakta
2. Tidak tergesa-gesa
mengambil keputusan
3. Berhati terbuka
4. Dapat membedakan fakta dan
pendapat
5. Tidak percaya pada
takhayul
6. Tidak mudah berputus asa,
sabar dan tekun dalam memecahkan masalah
7. Tidak memihak terhadap
suatu pendapat tanpa disertai dengan adanya fakta
8. Mengkomunikasikan hasil
penelitian
9. Selalu ingin tahu
B.
Langkah-langkah Metode
Ilmiah
1.
Melakukan observasi
Observasi atau pengamatan yang dilakukan dapat
langsung dengan menggunakan pancaindra kita atau secara tak langsung dengan
menggunakan alat untuk menangkap ekspresinya atau akibat yang ditimbulkannya.
2.
Menetapkan masalah
Setelah melakukan obervasi sehingga mendapatkan fakta.
Kemudian merumuskan masalah atau problem dengan bertanya tentang hasil
obervasi. Biasanya dengan menggunakan kata tanya .
3.
Menyusun hipotesis
Setelah dapat merumuskan masalah (problem) yang hendak
diselidiki kemudian membuat jawaban sementara terhadap masalah tersebut.
4.
Melakukan eksperimen
Untuk menguji benar atau tidaknya hipotesis yang
dibuat kemudian dilakukan kesimpulan. Selain eksperimen untuk menguji benar
atau tidaknya hipotesis, juga dilakukan eksperimen sebagai kontrol.
5.
Menarik kesimpulan
Data yang disusun baik, seterusnya diinterpretasi,
kemudian ditarik kesimpulan. Kesimpulan yang dibuat mungkin membenarkan
hipotesis mungkin juga tidak. Jika tidak dibuat hipotesis baru kemudian
dirancang eksperimen baru untuk mebuktikan hipotesis tersebut.
6.
Menyusun teori
Apabila hipotesis telah didukung kebenarannya oleh bukti
yang diperoleh melalui eksperimen yang dilakukan oleh berbagai pihak, maka
terbentuk teori yang dpat dipakai sebagai pegangan umum.
7.
Membuat hukum
Apabila beberapa teori secara universal telah terbukti
kebenarannya maka terbentuklah hukum.
No comments:
Post a Comment